Kisi-kisi IPA USBN


Berikut ini adalah kisi-kisi IPA USBN untuk sekolah dasar yang dilengkapi penjelasan dan contoh soal.,

1. Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewan/tumbuhan tertentu

Unta memiliki ciri khusus berupa punuk di punggungnya. Punuk pada unta berfungsi sebagai
A. Tempat menyimpan cadangan makanan berupa lemak
B. Tempat terjadinya pencernaan makanan
C. Melindungi diri dari kepanasan
D. Tempat menyimpan cadangan makanan berupa air


2. Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
Pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanan
Herbivora : Pemakan tumbuhan
Karnivora : Pemakan daging
Omnivora : Pemakan segala
*Insektivora : Pemakan serangga
Ikan lele, ikan nila, dan katak dapat dikelompokkan dalam satu kelompok hewan berdasarkan…
A. Penutup tubuh
B. Cara gerak
C. Tempat hidup
D. Cara pembuahan

3. Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan manusia/lingkungan
Kulit harimau banyak diburu karena …
A. Kuat
B. Dipenuhi rambut
C. Banyak mengandung lemak
D. Indah untuk dijadikan hiasan

4. Siswa dapat menjelaskan tujuan pelestarian hewan/tumbuhan
Harimau sumatera termasuk hewan yang dilindungi. Perlindungan terhadap harimau ini
bertujuan untuk..
A. Mencegah harimau menyerang penduduk
B. Menambah koleksi kebun binatang
C. Menjaga kelestariannya
D. Mendapatkan kulitnya untuk dijadikan hiasan

5. Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya
Ovipar : bertelur
Vivipar : beranak
Ovovivipar : bertelur dan beranak
Hewan yang terdapat pada gambar di bawah berkembang biak dengan ....

A. membelah diri
C. vivipar
B. ovipar
D. Ovovivipar

6. Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
Metamorfosis sempurna : Telur - Larva - Pupa - Dewasa
Metamorfosis tidak sempurna : Telur - Nimfa - Dewasa
Daur hidup pada lalat yang tepat adalah …
A. Telur – ulat – kepompong – lalat
B. Telur – larva – pupa – lalat
C. Telur – pupa – larva – lalat
D. Telur – kepompong – ulat – lalat

7.Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
Mutualisme : + +
Parasitisme : + -
Komensalisme: + 0
*Kompetisi : bersaing merebutkan makanan
*Predasi : Pemangsa dan yang dimangsa
Perhatikan beberapa hubungan khas berikut
1) Burung jalak memakan kutu di kulit kerbau
2) Hubungan benalu dengan pohon mangga
3) Hubungan ikan gobi dengan udang karang
4) Kupu-kupu dengan bunga
Simbiosis mutualisme ditunjukkan oleh no …
A. 1,2,3
B. 1,3,4
C. 2,3,4
D. 1,4

8.Siswa dapat menentukan rantai makanan/peran makhluk hidup dalam komunitas/ekosistem tertentu
Produsen : tumbuhan
Konsumen : hewan
Pengurai : jamur dan bakteri

Makhluk hidup yang berperan sebagai konsumen II adalah ….
A. Tumbuhan jagung
B. Ulat
C. Burung
D. Bakteri

9. Siswa dapat menentukan peran/manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup di sekitarnya.
Bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkanuntuk bahan bagunan adalah....
A. batang
B. akar
C. daun
D. pucuk

10. Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
Perhatikan gambar berikut.

Kegiatan tersebut akan menyebabkan....
A. hutan menjadi produktif
B. cadangan air tanah tetap
C. erosi
D. suplai karbon dioksida berkurang

11. Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu
Salah satu bentuk adaptasi pada paus yaitu berenang ke permukaan air, tujuannya ….
A. Menangkap mangsa
B. Menghirup oksigen
C. Menghindari musuh
D. Menghangatkan tubuh dari cahaya matahari

12. Siswa dapat menjelaskan fungsi jaringan pada tumbuhan.
Tumbuhan bakau memiliki akar yang tumbuh ke atas tanah. Fungsi akar pada tumbuhan
tersebut adalah untuk …
A. Membantu fotosintesis
B. Menyerap nitrogen dari udara
C. Mengambil zat hara dari udara
D. Mengambil oksigen dari udara

13. Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk
Perhatikan gambar!

Bagian telinga yang berfungsi sebagai alat keseimbangan tubuh ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

14. Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan.
Perhatikan gambar

Alat yang berfungsi untuk menghirupoksigen ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

15. Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
Perhatikan gambar berikut !

Pada bagian yang bertanda X terdapat enzim yang berfungsi dalam proses
A. penguraian protein
B. penguraian lemak
C. penguraian zat tepung
D. pencernaan secara mekanis

16. Siswa dapat menentukan aliran darah pada salah satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar
Perhatikan gambar sistem peredaran darah di bawah.

Pada peredaran darah besar ,aliran darah yang mengandung banyak O2dan aliran darah yang mengandung CO2 ditunjukkan oleh nomor…


17. Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar
Tulang yang ditunjuk oleh nomor 4  adalah ....

A. Lengan atas
B. Pergelangan tangan
C. Hasta
D. Pengumpil

18. Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu bagi kesehatan tubuh manusia
Zat besi merupakan zat gizi yang banyak terkandung dalam sayuran. Fungsi Zat besi bagi
tubuh kita adalah…
A. Meningkatkan penyerapan energy dalam tubuh
B. Meningkatkan kekebalan tubuh
C. Sebagai zat pembangun tubuh
D. Meningkatkan fungsi darah

19. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia
Laki-laki : tumbuh jakun, suara membesar
Perempuan : tumbuh payudara, pinggul membesar, menstruasi
Berikut ini yang merupakan ciri pubertaspada perempuan adalah ....
A. tumbuhnya jakun
B. dada lebih membidang
C. tumbuh kumis
D. mengalami menstruasi


20. Siswa dapat menjelaskan cara pencegahan salah satu jenis penyakit pada manusia
Berikut ini jenis penyakit dan cara pencegahan yang tepat, kecuali …

21. Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi
Perhatikan gambar!

Perubahan yang terjadi pada benda di atas adalah ....
A. menyublim
B. menguap
C. mengembun
D. Mencair

22. Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu
Ban sepeda sebaiknya terbuat dari ….
A. kayu
B. plastik
C. karet
D. logam

23. Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut
Pada saat pemasangan rel kereta api, tiap sambungannya diberi celah cukup renggang dengan tujuan agar....
A. memudahkan pemasangan rel
B. kereta api tahan getaran
C. memudahkan perbaikan rel
D. rel tidak bengkok waktu memuai

24. Siswa dapat menjelaskan perpindahan kalor yang terjadi pada suatu kegiatan/peristiwa
Peristiwa berikut yang termasuk perpindahan kalor secara radiasi adalah…
A. Udara di sekitar lampu yang menyala terasa panas
B. Air yang dipanaskan lama-lama akan mendidih
C. Tangan terasa panas saat memegang sendok
D. Gelas terasa panas ketika diisi air panas

25. Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan
Perhatikan gambar berikut

Gaya yang dimanfaatkan pada gambar diatas adalah …
A. Otot dan gravitasi
B. Otot dan magnet
C. Gravitasi dan pegas
D. Gravitasi dan magnet

26. Disajikan pernyataan/gambar, siswa dapat mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuk/arah suatu benda
Perhatikan gambar berikut
Gambar tersebut menunjukkan bahwa gaya dapat menyebabkan ....
A. bentuk kaleng berubah
B. arah berubah
C. kecepatan berubah
D. kaleng tidak mengalami perubahan

27. Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan.
Katrol yang membutuhkan usaha paling besar adalah ....



28. Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut
Dipukul : kendang, drum, gong
Dipetik : gitar, kecapi, sasando rote
Digesek : biola
Ditiup : terompet, seruling
Ditekan : piano
Perhatikan gambar
Alat musik di atas menghasilkan bunyi dengan cara ....
A. ditiup
B. digesek
C. dipukul
D. dipencet

29. Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
Gambar percobaan di bawah membuktikan salah satu sifat cahaya, yaitu ....
A. dibiaskan secara normal
B. melalui, celah sempit
C. menembus benda bening
D. merambat secara lurus

30. Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi
Bentuk energi yang dimanfaatkan dari penggunaan alat pada gambar di bawah ini adalah energi ....
A. bunyi
B. listrik
C. gerak
D. panas

31. Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari.
Perhatikan sumer-sumber energi di bawah ini !
1) air
2) angin
3) biogas
4) avtur
5) biosolar
6) gas alam cair
Contoh-contoh energi alternatif ditunjukkan oleh ….
A. 1 - 2 - 3 - 4
B. 1 - 2 - 3 - 6
C. 1 - 2 - 4 - 5
D. 1 - 2 - 3 – 5

32. Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/padam jika salah satu saklar diputus/disambung
Perhatikan rangkaian listrik di bawah ini

Jika lampu L2 putus, lampu yang tetap menyala adalah…
A. L1 dan L3
B. L3
C. L3 dan L4
D. L1

33. Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
Tanah Humus : berwarna kehitaman, kemampuan menyerap airnya sangat tinggi;
Tanah Liat atau Tanah Lempung : butiran tanahnya halus, sukar menyerap air;
Tanah Berpasir : butiran pasirnya sangat banyak, mudah menyerap air;
Tanah Vulkanik : banyak mengandung unsur hara, warnanya lebih gelap;
Tanah yang berwarna gelap, dan gembur yang terbentuk dari pelapukan daun dan batang
pohon adalah ciri-ciri dari tanah …
A. Pasir
B. Gambut
C. Humus
D. Kapur

34. Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan manfaat salah satu jenis sumber daya alam
Avtur merupakan hasil pengolahan minyak bumi. Avtur digunakan sebagai bahan bakar ....
A. mesin diesel
B. kereta api
C. pesawat terbang
D. sepeda motor

35. Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
Kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi adalah …
A. Penangkapan ikan
B. Perburuan hewan
C. Pemupukan tanaman
D. Ladang berpindah

36. Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.
Pengelompokan jenis sumber daya alam yang benar adalah ….


37. Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya
Planet yang dekat dengan bumi yang mempunyai satelit phobos dan Deimos adalah …
A. Venus
B. Mars
C. Yupiter
D. Merkurius

38. Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi
Berikut ini yang merupakan akibat dari perputaran bumi mengelilingi matahari adalah …
A. Terjadinya siang dan malam
B. Gerak semu harian matahari
C. Gerak semu tahunan matahari
D. Perbedaan waktu di dunia

39. Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan.
Gerhana matahari : matahari -  bulan – bumi
Gerhana bulan : matahari – bumi - bulan
Perhatikan gambar berikut !
Pada gambar di atas, daerah yang ditunjukkan dengan anak panah mengalami peristiwa …
A. Gerhana bulan
B. Gerhana matahari total
C. Gerhana matahari sebagian
D. Gerhana matahari cincin

40. Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi/tahun hijriah.
Revolusi bulan : komariah, hijriah, jawa
Revolusi bumi : syamsiah, masehi
Kita mengenal 2 penanggalan, yaitu Kalender Masehi dan Kalender Hijriah. Penyusunan kalender Hijriah berdasarkan ....
A. rotasi bulan
B. revolusi bulan
C. rotasi bumi
D. revolusi bumi

Comments

Popular posts from this blog